09.29

GALILEO BUKAN YANG PERTAMA PETAKAN BULAN

GALILEO BUKAN YANG PERTAMA PETAKAN BULAN

Selama ini kita mengenal Galileo Galilei sebagai Bapak Astronomi Modern. Seperti yang banyak diceritakan dalam buku-buku ilmu pengetahuan, Galileo melakukan pengamatan dengan teleskopnya untuk menggambarkan permukaan bulan secara detail, dan kemudian melakukan penelitian dengan teleskopnya ia mematahkan pendapat yang menyatakan bahwa Bumi merupakan pusat tata surya.

Akan tetapi, sebuah penemuan baru-baru ini menunjukan bahwa Galileo mungkin saja bukan merupakan orang yang berhasil memetakanpermukaan bulan. Penemuan tersebut menunjukan bahwa seorang penemu berkebangsaan inggris Thomas Harriot telah membuat lukisan permukaan Bulan tepat enam bulan sebelum Galileo memamerkan sketsa Bulan hasil pengamatannya pada Desember 1609.

Catatan tanggal dilukisan karya Thomas Harriot tersebut menunjukkan bahwa Harriot telah menyelesaikan peta permukaan Bulan buatannya pada juli 1609, enam bulan lebih awal dari peta buatan Galileo.

Sketsa karya Thomas Harriot selama ini belum pernah di publikasikan tesebut akan dipamerkan dalam perayaan The International Year of Astronomy 2009, yang diselenggarakan oleh Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union,- IAU) untuk memperingati 400 tahun penggunaan teleskop oleh Galileo Galilei pada tahun 1609 dan memperingati publikasi Astronomia Nova oleh Jahannes Kepler yang berisi hukun dasar pergerakan planet-planet di tata surya pada tahun yang sama.

Comments (0)

Posting Komentar